http://www.stokis-hpai.com/category/obat-herbal-2/

"/>
Assalamu'alaikum, Selamat Datang Di Blog Muntamar

Berilmu Tapi Hidayah Tidak Bertambah

IBRAH
Ustadz Abdurrahman Muhammad  
(Pimpinan Umum Hidayatullah)
Allah swt berfirman di dalam Al-Qur'an yang artinya : Diantara hamba Allah yang takut kepadanya hanyalah para ulama. Sungguh Allah maha perkasa dan maha pengampun. (Fahir : 28)
Banyak hal yang memicu orang untuk berperilaku dan bersikap sombong., diantaranya yaitu banyaknya kekayaan yang dimiliki, kegagahan atau kecantikan, prestasi yang diraih, ataupun pencapaian terhadap cita-cita dan kerja.
Menurut Imam Ghazali bahwa sikap sombong itu lebih mudah menjangkiti kaum cerdik pandai dibandingkan kaum yang awam. Hanya sedikit saja orang yang berpengetahuan yang memiliki sikap tawadhu dan rendah hati. yaitu mereka yang telah belajar ilmu hakikat, dimana ilmu ini merupakan suatu ilmu yang engantarkan mereka lebih mengenal Allah dengan baik, lalu mengakrabinya dengan mengembangkan sikap takut.
Bagaimana tidak? mereka menyadari dengan sepenuh ilmu bahwa segala pengetahuan yang didapatkan sesungguhnya berasal dari Allah swt. Mereka sadar bahwa tanpa pengajaran dari Allah, tidak mengetahui apa-apa. Allah yang memberi kemampuan mata untuk melihat dan telinga untuk mendengar. Berapa banyak orang yang matanya terbuka tapi tidak melihat? berapa banyak orang yang secara lahiriyah telinganya sehat tapi tidak mendengar?
Allah lah yang memberi otak dan akal pada manusia, yang dengan otak dan akal itu manusia bisa berpikir. Allah pula yang membekali manusia dengan hati, yang dengan manusia bisa merasa. Dengan akal dan hati itu manusia akhirnya mengetahui mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, mana yang pantas dan mana yang tidak pantas. Manusia mengetahui yang baik dan buruk, yang benar dan yang salah.
Kareana rahmat dan kasih sayangnya, dia pula yang menurunkan Al-Kitab juga mengutus seorang nabi saw. Dengan empat is\nstrumen itu, setiap manusia sesungguhnya memiliki modal dasar untuk mendapatkan hidayah. Sayang, tidak sedikit orang yang berilmu tapi tidak mendapatkan hidayah. Barangsiapa yang bertambah ilmunya tapi tidak bertambah hidayahnya, niscaya mereka tidak semakin dekat dengan Allah. sebaliknya mereka semakin jauh dari Allah.
Masih menurut Imam Ghazali, ada dua penyebab kaum cendikia bersikap dan berperilaku sombong. Pertama, Orang yang berpengetahuan biasanya bangga diri. kaum cerdik pandai biasanya mendapatkan posisi yang istimewa dan dihormati. 
Kedua, orang yang berilmu sering merasa super. Mereka merasa telah teruji keilmuannya, apalagi setelah mendapatkan berbagai gelar kesarjanaan, mulai dari Master hingga Doktor. Gelar itu bisa emuliakan manusia, dan juga bisa menghinakannya jika disertai sikap sombong.
Agar kita tidak terjebak dalam kesombongan intelektual, solusinya adalah senantiasa belajar bersikap rendah hati. Sikap tawadhu akan mengurangi dan mengatasi benih-benih kesombongan. Bukankah di atas langit masih ada langit? Bukankah diatas kepintaran kita masih ada orang yang lebih pintar lagi?
Kemudian solusi berikutnya yaitu dengan menyadari bahwa di atasvpundak orang-orang yang berilmu dapat tugas yang berat. Setiap orang yang berilmu dituntut untuk memberikan solusi. Inilah amanat yang tidak ringan. Wallahu a'lam.

Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

<<<
http://www.zonasukses.com/?ref=zs204386
>>>
Stokis HPAI

Popular Post

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. riyadhul zannah - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger